PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

GATOTKACA PUNYA ANAK LAGI!




Pedet hasil IB dari Pejantan Belgian Blue unggulan BBIB Singosari, Gatotkaca lahir lagi di beberapa daerah di Indonesia. Dari derah Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah, telah lahir pedet betina pada tanggal 26 Juli 2021 sebanyak dua ekor dengan bobot 43 kg dan 47 kg. Di daerah yang sama, Grobogan, pada 28 Juli 2021 lahir satu ekor pedet betina dengan bobot 47 kg. Selain itu lahir pedet belgian blue di Aceh pada 23 Juli 2021, bahkan tidak berselang jauh lahir juga pedet dari Gatotkaca di Papua dari Induk FH pada 26 Juli 2021. Kelahiran sejumlah pedet Belgian Blue ini merupakan berita yang sangat menggembirakan, merupakan pembuktian bahwa semen beku Belgian Blue produksi BBIB Singosari memiliki kualitas yang unggul dan mampu memberikan hasil-hasil anakan yang bagus.  

Sesuai dengan Namanya, Sapi Belgian Blue merupakan sapi yang berasal dari Belgia, yang dikembangkan melalui pemuliaan ternak sehingga memiliki karakteristik tersendiri. Sapi Belgian Blue ini sering sebut dengan julukan sapi Double Muscle, karena memang dari penampilannya sapi ini memiliki jumlah otot yang berlebih daripada sapi lainnya. 
 
Sapi ini mulai dikembangkan pada abad ke-19 dengan menyilangkan sapi lokal Belgia dengan sapi Shorthorn yang berasal dari Inggris. Tujuan dari persilangan ini adalah untuk membentuk bangsa baru dengan karakteristik produksi lebih tinggi lagi. Seperti yang kita lihat saat ini, Belgian Blue mempunyai jumlah otot lebih banyak.
 
Dari segi keuntungan ekonomis, tentunya sapi Belgian Blue bisa menggiurkan para pebisnis peternakan, karena karkas yang didapatkan bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan sapi yang lain, sehingga keuntungan akan lebih tinggi juga. Jika berniat mengembangkan sapi ini, kita perlu memilih indukan dengan karakteristik yang yang mampu “mengandung janin raksasa” ini, seperti memiliki kerangka tinggi dan besar, pinggul yang besar, dan sudah pernah beranak sebelumnya. 
 
BBIB Singosari saat ini mempunyai beberapa ekor sapi Belgian Blue, dan salah satunya sudah diproduksi semen bekunya yang juga telah memiliki keturunan di berbagai daerah di Indonesia. Pengembangan sapi Belgian Blue ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan protein hewani di Indonesia. Bila semakin banyak produktifitas daging dari peternak maka kedaulatan dan keamanan pangan asal ternak, khususnya dari daging sapi akan dapat terwujud.