PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

WAGYU, SAPI PREMIUM YANG SUDAH DILAHIRKAN DI INDONESIA




Pada akhir Juli lalu terdapat beberapa ekor sapi wagyu yang lahir di daerah Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah. Pedet-pedet wagyu ini merupakan hasil IB dari semen beku sapi wagyu BBIB Singosari. Pedet-pedet tersebut diantaranya lahir pada 28 Juli 2021, dengan jenis kelamin jantan dan bobot 32 Kg, yang lahir pada 29 Juli 2021 ada dua ekor, yaitu jantan dengan bobot 41 Kg dan betina dengan bobot 26 Kg. pedet-pedet tersebut lahir dengan sehat.

 
Dalam beberapa tahun terakhir ini, BBIB Singosari sedang mengembangkan semen beku yang berasal dari sapi wagyu. Saat ini BBIB Singosari telah memiliki sejumlah pejantan unggul sapi wagyu yang siap diproduksi semen bekunya. 
 
Pada tahun 2020 Kementerian Pertanian melepas dan mengintroduksi beberapa rumpun bangsa sapi baru di Indonesia, dan salah satunya adalah Wagyu. Pelepasan sapi wagyu ini adalah salah satu usaha pemerintah dalam memenuhi kebutuhan daging premium di Indonesia yang selama ini dipenuhi dari Impor. Kedepannya peternak Indonesia diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka dengan beternak sapi wagyu yang memiliki kualitas daging premium.
 
Dari karakteristik, Sapi Wagyu memiliki beberapa kelebihan. Sapi Wagyu dikenal merupakan sapi yang tenang dan tidak tempramental. Sapi wagyu juga merupakan sapi yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi iklim yang berbeda. Berat lahir rendah dengan kisararan 30-40 kg juga membuat Sapi Wagyu ini mudah dalam proses melahirkan. Sapi wagyu dikenal sangat subur, sapi betina bisa mencapai dewasa sebelum usia dua belas bulan. Sapi jantan dapat melayani betina 50 persen lebih banyak daripada kebanyakan breed lainnya.
 
Selain cita rasa dagingnya , wagyu banyak dipilih karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. Daging wagyu memiliki asam lemak omega-3 dan 6 lebih banyak dibandingkan bagian daging sapi lainnya. Asam lemak tak jenuh dalam wagyu punya manfaat baik untuk mengendalikan tekanan darah, lho. Selain itu, asam lemak dalam wagyu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan membantu pencernaan trigliserida, serta mengontrol kolesterol. Daging wagyu juga mengandung protein yang bermanfaat untuk menjaga otot, meningkatkan asupan oksigen, serta meningkatkan metabolisme tubuh.
 
Dengan semakin banyaknya sapi wagyu yang terlahir di Indonesia, maka potensi pengembangan ternak dan ketersediaan daging wagyu akan semakin mudah terpenuhi. Peternak indonesia semakin meningkat kesejahteraannya dan swasembada protein hewani dari daging sapi khususnya daging premium wagyu akan segera tercapai.
 
Sumber:
https://ditjenpkh.pertanian.go.id/sapi-wagyu-penuhi-kebutuhan-daging-indonesia 
https://berkeluarga.id/2021/03/03/kenapa-daging-wagyu-enak-ini-fakta-di-balik-kelezatannya/