PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

PUPUK ORGANIK SOLUSI ALAMI TANAMAN SEHAT BERSEMI




 


Kamis 4 Mei 2023. BBIB Singosari mengadakan In House Training tentang Pupuk Organik,kegiatan ini diikuti oleh pegawai BBIB Singosari dan mahasiswa yang melaksanakan praktek lapangan dan studi di BBIB Singosari. Narasumber yang menyampaikan materi adalah Marto Utomo, S.ST, dan Niko Aria Putra, keduanya adalah ahli pakan dari BBIB Singosari.

Dalam materinya Niko menyampaikan, “Penggunaan pupuk kimia yang berkepanjangan akan merusak struktur tanah. Yang menyebabkan kerusakan adalah adanya unsur pengikat yang ada pada pupuk kimia. Pada pupuk organik terdapat unsur mikro yang tidak terdapat pada pupuk kimia, sehingga unsur mikro inilah yang dapat memperbaiki dan mengembalikan struktur tanah.”

Pada Kesempatan yang sama Marto Utomo mengatakan,”Pupuk organik mudah diproduksi secara mandiri dengan bahan yg mudah didapat, seperti sisa pakan, kotoran ternak, atau dari dedaunan. Karena berasal dari bahan alami Pupuk organik menjadi lebih sehat, bebas residu kimia dan bakteri merugikan, sehingga tanah akan menghasilkan produk tanaman yang lebih sehat.”

In House Training merupakan agenda rutin yang diadakan oleh BBIB Singosari, sebagai wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk bisa diterapkan dan diaplikasikan untuk kemajuan BBIB Singosari.