PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang

PEDET TUMBUH SEHAT DI PAPUA, BUKTI KEBERHASILAN SIKOMANDAN




 

 dari Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari. Perkembangan pedet di papua ini merupakan gambaran keberhasilan program IB di Papua.

Provinsi Papua memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar berupa lahan dan sumber pakan yang cukup besar. Potensi ini sangat baik untuk dapat dimanfaatkan dalam pengembangan sub sektor peternakan, khususnya untuk pengembangan sapi potong dengan cara membuat kawasan pengembalaan ternak.

Bertambahnya jumlah pedet-pedet yang lahir menunjukkan progress keberhasilan dari Program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan), dimana tujuan utamanya adalah meningkatkan populasi sapi dan kerbau di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan nasional akan ketersediaan protein hewani. untuk mewujudkan peningkatan populasi tersebut maka salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penerapan teknologi Inseminasi Buatan (IB). Selain untuk meningkatkan populasi IB juga dimaksudkan sebagai upaya perbaikan mutu genetik ternak. Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak.